ingin paham sastra arab berikut ilmunya


 

ulasan berikut adalah pembahasan tentang ilmu balaghah, yang membahas tentang bagaimana cara memahami syair syair bahasa arab dan menyusun bahasa bahasa dalam keseharian, telah kita ketahui bahwasannya bahasa arab termasuk bahasa yang paling banyak digunakan dan bahasa yang unik, 

Ilmu Ma'ani


1. Pengertian


Ilmu Ma'ani adalah pokok dan dasar untuk mengetahui tata cara menyesuaikan kalimat pada kontekstualnya sehingga cocok dengan tujuan yang dikehendaki. kata Al-Ma'ani adalah bentuk jamak dari kata makna. Secara bahasa pengertian alma`ani adalah hal yang dituju. 

Menurut pengertian terminology ini ulama ilmu Bayan menyatakan apa yang tergambar di hati dengan suatu ucapan atau lafazd, atau tujuan yang dimaksudkan oleh lafadz yang tergambar di dalam hati.

2. Faedah ilmu Ma'ani


A. Mengetahui kemukjizatan al-Qur'an melalui aspek kebaikan susunannya  dan sifatnya, keindahan kalimatnya, kehalusan bentuk ijaz yang telah diistemawakan oleh Allah dan segala hal yang telah dikandung oleh al-Qur'an itu sendiri.

B. Mengetahui rahasia ilmu balaghah dan fushahah dalam bahasa Arab yang berupa prosa dan puisi agar dapat mengikutinya dan menyusun sesuai dengan aturannya serta membedakan antara kalimat yang bagus dengan yang bernilai rendah.

 Ilmu Bayan


1. Pengertian


Al-Bayan (البيان) menurut pengertian bahasa adalah Al-Kasyafu yang berarti membuka atau menyatakan. Bisa juga disebut Al-Lidhaah. yang Artinya menerangkan atau menjelaskan.

Menurut istilah Balaghah adalah: Dasar-dasar dan kaidah-kaidah untuk mengetahui cara menyampaikan satu makna dengan beberapa cara yang sebagiannya berbeda dengan sebagian yang lain dalam menjelaskan segi penunjukan terhadap keadaan makna tersebut.

Dapat disimpulkan, ilmu Bayan adalah ilmu pengetahuan yang dijadikan pedoman untuk menyatakan satu makna dengan beberapa bentuk yang berbeda dan susunan yang berlainan derajat kejelasannya. Perlu diketahui juga, bahwasannya yang dianggap dalam ilmu Bayan adalah kehalusan makna-makna yang terdiri dari isti'arah dan kinayah beserta jelasnya lafadz-lafadz yang menunjukkannya.

Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Al-Bayan adalah lafadz atau ucapan fasih yang menjelaskan maksud yang ada dalam hati nurani.

D. Ilmu Badi'


Al-Badi' secara istilah berarti sesuatu yang diciptakan tanpa dengan contoh yang mendahului. Menurut bahasa adalah Suatu ilmu yang dengannya diketahui segi-segi dan keistimewaan-keistimewaan yang dapat membuat kalimat semakin indah, menguasinya dengan kebaikan dan keindahan setelah kalimat tersebut sesuai dengan situasi dan kondisi serta jelas makna yang dikehendaki.

 Segi-segi yang dimaksud adalah dengan cara-cara yang ditetapkan untuk menghiasi kalimat dan memperindahnya, dengan ilmu Ma'ani dan ilmu Bayan menurut materinya dan dengan ilmu Badi' menurut sifatnya.

Memperindah kalimat ada 2:

1. Memperindah kalimat secara maknawiyah (muhassinat ma'nawiyah) ialah dengan cara memperindah kembali segi makna sejak semula dan sesuai dengan keadaannya, walaupun lafadz menjadi indah karena mengikutinya.

2. Memperindah kalimat secara lafdziyah (muhassinat lafdziah) ialah dengan cara memperindah kalimat kepada segi lafadz saja, sejak semula, meskipun segi makna menjadi indah karena mengikutinya



baca juga gampangnya belajar bahasa arab

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cukup melakukan hal ini akan membuat anda lebih profesional

KEFASIHAN ILMU DASAR BALAGHAH,